Kimchi adalah acar sayuran tradisional Korea yang difermentasi. Kimchi telah ditemukan efektif dalam menyembuhkan penyakit virus unggas, termasuk flu burung dan penyakit Newcastle.

Tim riset Korea yang dipimpin oleh Kang Sa-ouk, professor mikrobiologi di Seoul National University mengatakan bahwa larutan kultur Leuconostoc Kimchii, laktik fermen yang terdapat dalam kimchi memperlihatkan efek penyembuhan dengan jelas untuk ayam yang menderita flu burung, penyakit newcastle dan bronchitis.

Di perternakan ayam, tim ini telah melakukan eksperimen dengan 3 grup yang tiap grup berisi 13 ayam telah terkena penyakit virus itu. Grup pertama disediakan hanya air, grup kedua dengan larutan kultur Leuconostoc Kimchii murni. Grup terakhir diberikan larutan kultur Leuconostoc Kimchii yang telah dicairkan.

Setelah satu minggu, pada grup pertama semua ayam mati. Tetapi 11 ayam pada setiap grup kedua dan ketiga sembuh dari penyakit.

Terlebih lagi, ayam yang ada di grup kedua, yang didosiskan dengan larutan kultur murni kembali ke kondisi normal dan berat naik dari 750-800g sampai 1,5 kg dan berhenti diare.

Riset ini telah membuktikan bahwa larutan kultur Leuconostoc Kimchii efektif dalam menyembuhkan penyakit virus dan juga kekuatan anti-kuman bakteri yang telah terbukti.
Tim riset akan melakukan meneliti lebih dalam tentang fermen laktik ini dan menyebarkan larutan ini ke peternak-peternak unggas di seluruh Korea setelah mendapat izin dari National Veterinary Research and Quarantine Service

Menurut Ramalan Ekonomi Oxford, flu burung telah menyebabkan kerugian sekitar $130 triliun untuk negara-negara Asia sejak tahun 2003 sampai akhir tahun 2005. Korea Selatan telah memusnahkan 5,3 juta unggas dengan harga 150 triliun won karena influenza burung ini sejak kasus pertamanya yang dilaporkan di Desember 2003. Kehilangan turis dan perdagangan di 2003 sendiri hampir sama dengan 0.6 persen dari Gross Domestik Product tahun itu.

Tahun 2004, Kang dan tim risetnya, berkerja sama dengan perusahaan-perusahaan, telah menemukan satu cara untuk memproduksi massal anti mikrobial peptides dengan menkultivasi pediococcus pentosaceus, fermen lactik dari kimchi setelah mereka menyelesaikan satu draft dari genome pentosaceus yang dipisahkan dari kimchi.

Larutan kultur pentosaceus dapat mencegah dan menghilangkan baksil yang berbahaya termasuk Helicobacter, penyebab gastritis dan Listeria dan Shigella sonnei yang menyebabkan keracunan makanan.

Post comment